Tips & Trik Memilih Lokasi Yang Laris Untuk Berjualan

Tips & Trik Memilih Lokasi Yang Laris Untuk Berjualan

Lokasi untuk mendirikan usaha adalah syarat yang cukup vital, gimana bisa dikatakan seperti itu? Karena dalam pemilihan lokasi akan sangat berpengaruh dalam berjualan kita nantinya. Terlebih lagi jika usaha yang kita miliki merupakan usaha yang baru dimulai atau istilahnya merintis, berbeda dengan usaha yang sudah mempunyai popularitas di kalangan masyarakat. Disini kita akan membahas tips & trik dalam pemilihan lokasi untuk usaha keci-kecilan yang berupa cemilan atau snack.


Berikut tips & trik memilih lokasi yang laris untuk berjualan
  1. Usaha kecil-kecilan yang berupa cemilan atau snack cenderung lebih ramah untuk masyarakat menengah kebawah terletak dipinggiran jalan. Untuk itu carilah tempat yang dipersimpangan yang dekat dengan pemukiman dan perhatikan pula kondisi jalan tersebut. Kondisi jalan yang ramai namun arus lalu lintasnya lenggang makan lokasi tersebut bisa kita gunakan untuk berjualan. Kondisi lainnya jika jalan lenggang dan arus lalu lintasnya cenderung lancar, maka kecil kemungkinannya orang melewati jalan tersebut makan orang yang melewati jalan tersebut menyadari usaha kita.
  2. Kita bisa menumpang berjualan di areal perbelanjaan seperti minimarket, namun kelemahannya kita harus menyewa tempat di lokasi tersebut. Untuk itu jika memang ingin mendirikan usaha di areal perbelanjaan kita harus menghubungi pihak yang bersangkutan untuk mengetahui prosedur-prosedur serta syarat dan ketentuan jika ingin berjualan di areal tersebut.
  3. Perhatikan usaha yang menyerupai usaha kita. Jika ada usaha yang serupa dengan usaha yang ingin kita dirikan dan jarak relative berdekatan serta sudah beroperasi dalam waktu yang lama kemungkinan usaha kita akan salah bersaing dikarenakan mereka sudah mempunyai pelanggan. Oleh karena itu cari lokasi yang agak berjauhan sedikit dengan usaha yang menyerupai usaha kita.
  4. Pilihlah lokasi yang teduh, agak lapang dan landai. Jika kebetulan rejeki kita bagus dengan pembeli yang lumayan bahkan sampai mengantri. Maka hal ini sangatlah penting. Jangan sampai bikin pelanggan kita malas mengantri dikarenakan tidak ada tempat untuk parkir kendaraan.
  5. Kebersihan lingkungan sekitar. Kebersihan lingkungan disini sangat berpengaruh untuk usaha berupa makanan. Jangan sampai calon pembeli kita merasa jijik dengan lingkungan yang kotor, walaupun memang makanan kita terjamin kebersihannya. Lingkungan kotor berupa aroma tak sedap seperti saluran air dapat menghilangkan selera pembeli.

Dalam dunia usaha pelanggan adalah raja. Memperoleh pelanggan itu tidak mudah, diperlukan ketekunan dan keuletan dalam menjalaninya agar mendapatkan hasil yang diharapkan. Sekali mendapatkan pelanggan, jagalah kepercayaan mereka dan jalankan usaha dengan cara kejujuran dan sepenuh hati. Jangan lupa jaga kualitas produk yang kita tawarkan ke pelanggan agar pelanggan bisa kembali lagi untuk membeli produk kita. Semoga bermanfaat yaa!

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


×